Lembah Permai Hanjuang No.2 Blok H, Kota Cimahi



   

Menerapkan Strategi CTA dan CTD dengan Channel Manager

Daftar Isi

  • Apa itu CTA (Close To Arrival) ?
  • Apa itu CTD (Close To Departure) ?
  • Bagaimana Cara Menerapkan Strategi CTA dan CTD dengan Channel Manager?
  • Software Channel Manager Indonesia Terbaik

Menerapkan Strategi CTA dan CTD dengan Channel Manager - Dalam Channel Manager Hotel, terdapat dua fitur penting yaitu CTA (Close to Arrival) dan CTD (Close to Departure). Kedua fitur tersebut sangat bagus untuk menjalankan strategi penjualan kamar hotel melalui Online Travel Agent. Pada sebagian Channel Manager, ada juga istilah yang sedidkit berbeda, yaitu COA (Close On Arrival) dan COD (Close On Departure). Pada artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda definisi CTA, definisi CTD, dan cara menerapkan strategi CTA dan CTD dengan Channel Manager di Hotel Anda.

Baca Juga : Apa itu Channel Manager?



Apa itu CTA (Close To Arrival) ?


CTA (Close to Arrival) adalah fitur atau alat yang digunakan untuk menutup ketersediaan kamar pada tanggal kedatangan tertentu agar tamu tidak bisa reservasi properti Anda dengan tanggal tersebut sebagai tanggal kedatangan/ check-in (Arrival Date). Fitur ini bisa dijalankan sebagai strategi hotel agar tamu memesan kamar di properti Anda untuk check-in pada tanggal sebelumnya.

Apa itu CTD (Close To Departure) ?


CTD (Close to Departure) adalah fitur atau alat yang digunakan untuk menutup ketersediaan kamar pada tanggal check-out tertentu agar tamu tidak bisa reservasi properti Anda dengan tanggal tersebut sebagai tanggal keberangkatan/ check-out (Departure Date). Fitur ini juga bisa dijalankan sebagai strategi hotel agar tamu memesan kamar di properti Anda untuk check-out pada tanggal berikutnya.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi CTA dan CTD dengan Channel Manager?


Pada contoh kasus pertama, Tahun baru biasanya menjadi momen banyak orang untuk liburan. Dan pada momen tersebut, diperkirakan banyak orang yang akan reservasi hotel untuk menginap di hotel pada tanggal 31 Desember. Apa manfaat fitur CTA dan CTD?

Manajemen Hotel dapat memanfaatkan fitur CTA (Close to Arrival) untuk menutup tanggal kedatangan tamu pada 31 Desember dan memaksa tamu agar menginap di hotel Anda lebih lama. Otomatis, tamu tidak bisa memesan kamar hotel Anda untuk check-in 31 Desember, tapi bisa check-in lebih awal yaitu 30 Desember ataupun tanggal sebelumnya.

Sedangkan dengan fitur CTD (Close to Departure), manajemen hotel dapat menerapkan strategi untuk menutup tanggal check-out pada tanggal 1 Januari, tapi tamu bisa reservasi kamar hotel untuk check-out pada tanggal 2 Januari. Jadi fitur CTA dan CTD bisa digunakan untuk memaksimalkan pendapatan hotel, terutama pada momen-momen high season seperti Hari Libur Tahun Baru, Idul Fitri, ataupun adanya event tertentu yang dapat menarik banyak tamu menginap di hotel Anda. 

Software Channel Manager Indonesia Terbaik


Adakah rekomendasi software channel manager terbaik dan murah di Indonesia? HOTELMU adalah penyedia aplikasi perhotelan asli dari Indonesia, yang menyediakan aplikasi PMS Hotel, Website & Booking Engine Hotel, dan Channel Manager. Anda bisa segera demo aplikasi hotel di HotelMU selama 14 hari untuk mencoba semua fitur yang ada di HOTELMU.


gambar whatsapp