Lembah Permai Hanjuang No.2 Blok H, Kota Cimahi



   

Walk-In Guest vs Reservasi Online: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Daftar Isi

  • Pengertian Walk-In Guest
  • Pengertian Tamu Reservasi Online (Online Reservation Guest)
  • Walk-In Guest vs Reservasi Online: Mana yang Lebih Menguntungkan?
  • Bagaimana Cara Membuat Website & Booking Engine Hotel?

Tamu yang menginap di hotel bisa datang dari berbagai sumber bisnis, baik itu online maupun offline. Untuk tamu yang datang melalui reservasi online, biasanya tidak jauh biasanya mereka reservasi hotel dari empat OTA ternama di Indonesia yaitu Traveloka, Agoda, Booking.com dan Tiket.com. Pada artikel ini kami ingin membagikan artikel yang membahas perbandingan keuntungan antara tamu walk-in dan tamu yang datang bersumber dari reservasi online.

Pengertian Walk-In Guest


Walk-In Guest merupakan tamu yang langsung datang ke hotel tanpa perantara pihak ketiga dan tanpa adanya reservasi sebelumnya. Itu artinya tamu tersebut belum diketahui data identitas dirinya, kamar yang dibutuhkan dan juga berapa lama tamu tersebut akan menginap.

Pengertian Tamu Reservasi Online (Online Reservation Guest)


Sedangkan Online Reservation Guest atau Tamu Reservasi Online adalah tamu hotel yang sudah melakukan reservasi secara online sebelumnya, baik itu melalui langsung melalui website hotel ataupun Online Travel Agent (OTA).

Walk-In Guest vs Reservasi Online: Mana yang Lebih Menguntungkan?


Jika ingin membandingkan Walk-In Guest dengan tamu yang sudah reservasi online, tentunya lebih menguntungkan tamu Walk-In. Sebab, Walk-In Guest biasanya akan dikenakan harga normal dan tidak ada biaya lain yang bisa memotong pendapatan hotel. Tamu yang berasal dari reservasi online khususnya OTA, biasanya harga dibawah harga normal dan juga akan dikenakan biaya komisi OTA. Namun, nyatanya sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat. Sebagian besar hotel masih bergantung dengan OTA, karena tamu dimudahkan untuk reservasi online dari perangkat seluler dengan penawaran harga yang lebih murah.

Dalam hal ini, hotel tidak bisa juga mengandalkan Walk-In Guest, sebab hotel akan kesulitan untuk bisa bersaing dengan hotel lainnya. Manajemen Hotel bisa memanfaatkan direct booking melalui website yang dimiliki hotel dengan fitur booking engine yang memudahkan dan pemberlakuan promo yang menggiurkan. Staf Hotel bisa mengarahkan tamu yang sebelumnya reservasi melalui OTA untuk beralih reservasi langsung melalui website hotel dengan penawaran yang lebih baik.

Bagaimana Cara Membuat Website & Booking Engine Hotel?


Membuat website dan booking engine sendiri tentunya tidak mudah, Anda harus menginvestasikan waktu dan biaya cukup besar untuk membayar ahli tim web developer. Maka dari itu, HOTELMU mensolusikan dengan mudah dan harga murah. Hotel Anda sudah bisa memiliki website dan booking engine hotel instan dengan harga 250 ribu perbulan atau 2 juta pertahun. Harga tersebut sudah termasuk domain hotel, setup data dan gambar ke website, pelatihan penggunaan secara online, hosting dan juga 4 email dengan domain website tersebut.


gambar whatsapp