Pentingnya Menghitung Perkiraan Tamu yang Akan Datang (Expected Arrival) ke Hotel
- Date- Minggu, 04 Agustus 2024 10:00 WIB
- Author- Ahmad Syarifudin
- 1343 Views
Daftar Isi
- Perencanaan Sumber Daya
- Optimalisasi Pendapatan Hotel
- Memberikan Pengalaman Terbaik Kepada Tamu
Dalam operasional hotel, manajer hotel sering kali menanyakan laporan statistik hotel. Salah satu aspek krusial dari manajemen hotel adalah menghitung perkiraan tamu yang akan datang / checkin atau sering dikenal dengan istilah Expected Arrival. Menghitung perkiraan tamu yang akan datang sangat penting dilakukan, karena mempengaruhi berbagai aspek operasional hotel, mulai dari perhitungan perkiraan pendapatan harian, perkiraan okupansi, efektifitas pekerjaan House Keeping, dan lain-lain. artikel ini akan membahas tentang pentingnya menghitung perkiraan tamu yang akan datang atau Expected Arrival.
Perencanaan Sumber Daya
Perhitungan yang tepat tentang jumlah tamu yang akan datang sangat penting untuk perencanaan sumber daya. Hal ini berkaitan dengan segala hal, mulai dari staf Front Office hingga House Keeping untuk mempersiapkan kamar-kamar yang sudah di booking oleh tamu yang akan datang. Dengan begitu, manajer hotel dapat mengatur jadwal kerja staf secara efisien dan memastikan karyawan yang bertugas cukup untuk menangani kedatangan tamu serta memenuhi kebutuhan mereka dengan pelayanan terbaik.
Optimalisasi Pendapatan Hotel
Dengan adanya perhitungan tepat mengenai jumlah tamu yang akan datang / expected arrival, data tersebut bisa digunakan oleh manajemen hotel untuk analisis agar pendapatan hotel lebih maksimal. Manajemen hotel dapat memperkirakan total pendapatan dari Expected Arrival Guest ditambah In House Guest. Kemudian, manajemen hotel dapat memastikan kamar benar-benar tersedia untuk tamu yang akan datang. Jika kamar masih tersedia, pihak hotel dapat menjadikan Expected Arrival sebagai salah satu aspek untuk menyesuaikan harga kamar berdasarkan permintaan. Jika hotel dalam kondisi okupansi tinggim maka hotel dapat menaikkan harga kamar untuk memaksimalkan pendapatan.
Memberikan Pengalaman Terbaik Kepada Tamu
Salah satu tujuan utama dari menghitung perkiraan tamu yang akan datang yaitu untuk meningkatkan pengalaman kepada tamu. Manajemen hotel dapat mempersiapkan semua departemen staf untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu yang akan datang, dengan cara tidak membiarkan tamu menunggu lama saat check-in di Front Office dan kamar yang akan ditempati tamu sudah siap dengan kebersihan yang maksimal tanpa ada kekurangan sedikitpun.
Kesimpulan
Menghitung perkiraan tamu yang akan datang sangat penting dilakukan, mulai dari mengatur perencanaan sumber daya manusia, optimalisasi pendapatan hotel hingga memberikan pengalaman terbaik kepada tamu. Dan mungkin masih banyak lagi manfaat dari adanya perkiraan jumlah tamu yang akan datang atau expected arribal untuk hotel. Untuk itu, pastinya adaya Software Hotel atau PMS Hotel dapat mempermudah manajemen hotel untuk mendapatkan jumlah expected arrival yang akurat. HOTELMU merupakan penyedia software hotel di Indonesia dengan fitur yang cukup lengkap, salah satu fiturnya yaitu terdapat laporan statistik harian, mingguan, bulanan hingga tahunan hotel. Anda dapat dengan mudah mengetahui data Expected Arrival secara otomatis di aplikasi HOTELMU. Untuk mencoba semua fitur HOTELMU, anda dapat Coba Gratis selama 14 hari sekarang juga!