Lembah Permai Hanjuang No.2 Blok H, Kota Cimahi



   

10 Status Kamar Hotel Yang Ada di Software PMS

Daftar Isi

  • 10 Status kamar Hotel Yang ada di Software PMS
  • Vacant (VC)
  • Occupied (O)
  • Expected Departure (ED)
  • Expected Arrival Guaranteed (EAG)
  • Expected Arrival Tentative (EAT)
  • Out of Order (OO)
  • Permanent House (PH)
  • Expected Departure - Expected Arrival Guaranteed (ED-EAG)
  • Expected Departure - Expected Arrival Tentative
  • Sold Room

10 Status Kamar Hotel Yang Ada di Software PMS - Dalam industri perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah yang menggambarkan status kamar tertentu di hotel. Pada artikel ini, kami akan membagikan sepuluh status kamar hotel yang umumnya digunakan dan diterapkan dalam software PMS Hotel.

10 Status kamar Hotel Yang ada di Software PMS



Vacant (VC)


Vacant merupakan status kamar hotel yang menandakan bahwa kamar dalam keadaan kosong. Dalam PMS HOTELMU terdapat dua tipe status Vacant, yaitu Vacant Clean dan Vacant Dirty.


  1. Vacant Clean adalah status kamar yang menunjukkan bahwa kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih. Maka kamar tersebut sudah siap digunakan untuk tamu check-in.

  2. Vacant Dirty adalah status kamar yang menunjukkan bahwa kamar dalam keadaan kosong tetapi masih kotor. Maka kamar tersebut sudah bisa di booking tetapi belum bisa digunakan untuk check-in.



Occupied (O)


Occupied artinya kamar sedang digunakan oleh tamu atau kamar sedang terisi. Dalam aplikasi HOTELMU, otomatis kamar berstatus occupied tidak dapat di booking ataupun digunakan untuk tamu check-in.

Expected Departure (ED)


Selanjutnya yaitu status kamar ED, Expected Departure memiliki arti bahwa kamar dalam keadaan terisi tamu tetapi tamu tersebut berencana check-out hari ini.

Expected Arrival Guaranteed (EAG)


Expected Arrival Guaranteed artinya status kamar hotel sudah di booking dengan disertai jaminan pembayaran dan tamu akan datang check-in hari ini.

Expected Arrival Tentative (EAT)


Sedangkan  Expected Arrival Tentative artinya status kamar hotel sudah di booking tidak disertai jaminan pembayaran dan tamu akan datang check-in hari ini.

Out of Order (OO)


Out of Order (OO) adalah status kamar yang menandakan bahwa kamar tidak dapat dijual atau digunakan karena sedang dalam perbaikan ataupun sedang direnovasi.

Permanent House (PH)


Permanent House adalah status kamar yang menunjukkan bahwa kamar tidak bisa dijual karena kamar dialih fungsikan secara permanen.

Expected Departure - Expected Arrival Guaranteed (ED-EAG)


Expected Departure - Expected Arrival Guaranteed artinya status kamar masih terisi tamu yang berencana checkout hari ini dan sudah dibooking disertai jaminan oleh tamu lain yang akan check-in hari ini. Dalam hal ini, departemen House Keeping harus sigap segera mempersiapkan kamar setelah tamu sebelumnya check-out.

Expected Departure - Expected Arrival Tentative


Expected Departure - Expected Arrival Tentative adalah status kamar masih terisi tamu yang berencana checkout hari ini dan sudah dibooking tanpa disertai jaminan oleh tamu lain yang berencana check-in hari ini. Namun Front Office / Resepsionis harus segera mengkonfirmasi ulang kepada tamu sebelumnya apakah akan perpanjang atau tidak. Jika tamu lama perpanjang atau ada tamu lain yang booking disertai dengan jaminan, biasanya akan menjadi prioritas.

Sold Room


Sedangkan Sold Room (SR) yaitu status kamar hotel yang menunjukkan bahwa kamar sudah terjual. Front Office dapat mengecek status ini pada aplikasi HOTELMU, tepatnya di halaman Reservation View.

Itulah sepuluh status kamar hotel yang biasanya diterapkan dalam Software Hotel, khususnya di PMS HOTELMU. Untuk mencoba fitur kami  lebih detail, Anda dapat daftar COba GRATIS selama 14 hari melalui fitur yang telah kami sediakan.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post