Lembah Permai Hanjuang No.2 Blok H, Kota Cimahi



   

Peran Forecasting dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Hotel

Daftar Isi

  • Apa Itu Forecasting dalam Perhotelan?
  • Peran Penting Forecasting dalam Meningkatkan Tingkat Hunian
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Data Forecasting yang Cepat dan Akurat?

Dalam industri perhotelan yang semakin bersaing, memahami karakter tamu dan tren pasar menjadi faktor penting bagi keberhasilan operasional hotel. Salah satu data yang penting untuk membantu manajemen hotel adalah forecasting report atau laporan peramalan. Dalam forecasting, memungkinkan hotel untuk mengelola inventori kamar dan meningkatkan strategi pemasaran. Pada artikel ini kami membahas peran penting forecasting dalam meningkatkan tingkat hunian hotel / occupancy.



Apa Itu Forecasting dalam Perhotelan?


Forecasting Report adalah laporan yang menampilkan prediksi dari berbagai aspek hotel seperti occupancy atau tingkat hunian, pendapatan, ARR dan permintaan kamar. Dengan data-data tersebut, manajemen hotel dapat merencanakan strategi dalam meningkatkan penjualan. Tujuan utama adanya forecasting adalah untuk memaksimalkan pendapatan dengan penetapan harga yang lebih efektif dan efisien, pengelolaan sumber daya yang lebih tepat, serta menghadapi fluktuasi permintaan yang lebih baik.

Peran Penting Forecasting dalam Meningkatkan Tingkat Hunian


1. Mengoptimalkan Strategi Penetapan Harga

Salah satu perang penting adanya Forecasting yaitu untuk membantu hotel dalam menetapkan harga yang fleksibel berdasarkan permintaan pasar. Melalui teknik dynamic pricing, harga kamar dapat disesuaikan secara real-time berdasarkan prediksi tingkat hunian. Misalnya, saat tingkat hunian diperkirakan rendah, maka harga dapat diturunkan untuk menarik lebih banyak tamu. Sebaliknya, saat tingkat hunian diperkirakan tinggi, maka hotel dapat menaikkan harga tanpa kehilangan daya saing. Dengan strategi harga yang tepat, hotel dapat menjaga tingkat hunian tetap optimal pada berbagai kondisi pasar.

2. Mengelola Ketersediaan Kamar

peran penting adanya Forecasting yang kedua yaitu dapat membantu hotel dalam mengelola ketersediaan kamar secara efektif. Dengan mengetahui prediksi tingkat hunian hotel / tingkat permintaan kamar, hotel dapat mengatur alokasi kamar yang tepat untuk berbagai channel, seperti OTA (Online Travel Agency), pemesanan langsung melalui situs web, atau Walk-In. Ini juga memungkinkan hotel untuk menghindari overbooking, sekaligus meminimalkan jumlah kamar yang tidak terjual.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional Hotel

Selain berpengaruh terhadap strategi pemasaran dan penjualan, Forecasting juga membantu hotel dalam aspek operasional hotel secara keseluruhan. Dengan memprediksi tingkat hunian, manajemen hotel dapat menyesuaikan jumlah staf yang dibutuhkan, persediaan makanan dan minuman untuk paket room breakfast, serta layanan pendukung lainnya. Ini membantu menghindari pemborosan sumber daya dan memastikan layanan yang efisien selama periode sibuk.

4. Mengidentifikasi Tren Pasar

adanya Forecasting yang valid juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren pasar yang sedang berkembang saat ini, serta tingkah laku tamu yang terus berubah. Dengan memanfaatkan data dari berbagai sumber, seperti pola pemesanan, ulasan pelanggan, dan perilaku tamu di media sosial, hotel dapat mengantisipasi kebutuhan tamu dan mengembangkan layanan yang lebih personal.

5. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Penerapan forecasting yang efektif juga dapat berkontribusi dalam menjaga loyalitas pelanggan. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan tamu dan kemampuan untuk menyediakan layanan yang maksimal secara konsisten, maka hotel dapat memberikan pengalaman menginap yang lebih baik kepada tamu. Tamu yang merasa puas dengan layanan dan kualitas hotel kemungkinan besar tamu tersebut akan kembali menginap di masa yang akan datang, serta memberikan ulasan positif yang dapat menarik bagi pelanggan baru.

Bagaimana Cara Mendapatkan Data Forecasting yang Cepat dan Akurat?


Untuk mendapatkan data forecasting yang cepat dan akurat, maka dibutuhkan satu sistem informasi berbasis teknologi seperti PMS Software (Property Management System). Sistem HOTELMU menawarkan software PMS yang sudah menyediakan fitur lengkap, termasuk Forecasting. Anda akan mendapatkan Forecasting Report baik itu harian ataupun bulanan dengan cepat dan akurat.

Jadi kesimpulannya, Forecasting berperan penting bagi hotel dalam meningkatkan tingkat hunian dan pendapatan hotel, tentunya dengan data forecasting yang akurat dan mudah disajikan.


Subscribe

Dapatkan update promo menarik dari HotelMU dengan mengisi nama dan email dibawah ini.

Popular Post