Penjelasan Detail Early Check-In dan Ketentuan Umum di Hotel

Early check-in, salah satu additional charge yang sering terjadi di hotel. Apa itu Early Checkin? Early Checkin dalam hotel adalah layanan hotel yang memungkinkan tamu untuk melakukan check-in lebih awal dari waktu check-in yang sudah ditentukan hotel. Hotel-hotel pada umumnya, menetapkan waktu check-in pada pukul 14.00. Namun, dalam beberapa situasi dan kondisi, tidak sedikit tamu membutuhkan checkin lebih awal, misalnya karena kedatangan pesawat pagi hari atau adanya jadwal penting lainnya yang tidak bisa dihindari. Maka artikel ini akan membahas pengertian, keuntungan, hingga ketentuan umum mengenai layanan early check-in di hotel, agar Anda lebih memahaminya saat akan menginap di hotel.





Apa Itu Early Check-In?



Early check-in adalah layanan hotel yang memungkinkan tamu checkin dan menggunakan kamar hotel sebelum waktu check-in standar yang telah ditetapkan oleh pihak hotel. Waktu early check-in di hotel-hotel bervariasi, namun umumnya tamu bisa masuk beberapa jam lebih awal, antara pukul 6.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Tentunya tamu bisa melakukan early checkin dengan catatan kamar tersedia.





Keuntungan Early Check-In Bagi Tamu


Berikut ini beberapa kentungan early check-in bagi tamu tanpa harus menunggu waktu checkin standar yang telah ditentukan hotel:



Kebijakan dan Ketentuan Umum Early Check-In di Hotel



Hotel pada umumnya menawarkan layanan early check-in dengan ketentuan biaya yang beragam. Berikut ini beberapa ketentuan umum hotel yang biasanya ditetapkan:


a. Ketersediaan Kamar

Early check-in tergantung pada ketersediaan kamar saat itu. Jika kamar belum siap atau masih ditempati tamu sebelumnya, hotel tidak dapat mengakomodasi permintaan early check-in.


b. Biaya Tambahan

Pada umumnya hotel akan menerapkan biaya tambahan untuk layanan Early Checkin, terutama jika tamu check-in sangat pagi, yaitu checkin di bawah pukul 06.00 pagi, biasanya akan ditetapkan biaya tambahan 100% dari harga kamar. Biaya early check-in biasanya berkisar 10-100% dari tarif kamar harian. Tergantung kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing hotel.


c. Reservasi Lebih Awal

Tamu disarankan untuk menginformasikan keinginan early check-in pada pihak hotel saat melakukan reservasi atau sebelum hari kedatangan, agar hotel bisa memastikan ketersediaan kamar dan mempersiapkan kamar dengan lebih baik.


d. Kategori Kamar

Early check-in biasanya tamu akan ditempatkan pada tipe kamar yang sesuai dengan dipesan. Namun, jika kamar yang dipesan belum tersedia, hotel dapat menawarkan opsi upgrade dengan biaya tambahan lainnya.


e. Kebijakan Khusus pada High Season atau Peak Season

Saat musim liburan atau peak season, hotel cenderung lebih ketat dalam mengizinkan early check-in karena tingkat okupansi yang tinggi. Pada situasi seperti ini, tamu mungkin harus menunggu hingga waktu check-in standar.





Cara Memastikan Early Check-In Berjalan Lancar







Alternatif Jika Early Check-In Tidak Tersedia di Hotel



Jika hotel yang anda pesan tidak bisa mengakomodasi early check-in, tamu bisa mempertimbangkan beberapa alternatif lainnya, diantaranya:







Kesimpulan



Early check-in adalah layanan tambahan yang sering dibutuhkan oleh tamu hotel dengan berbagai sebab, seperti jadwal kedatangan lebih awal atau urusan penting di pagi hari. Meskipun tidak semua hotel bisa menjamin menyediakan early check-in, tapi tamu dapat mengantisipasinya dengan menghubungi hotel terlebih dahulu sebelum tanggal kedatangan dan memesan kamar sejak hari sebelumnya. Tamu wajib mengetahui adanya early checkin di hotel yang dapat menimbulkan bertambahnya tagihan. Dan tamu juga harus mengetahui kebijakan jam checkin dan early checkin beserta dengan biayanya, baik membaca kebijakan melalui web hotel ataupun menanyakan langsung ke hotel. Karena setiap hotel memiliki ketentuan yang berbeda-beda.