8 Keuntungan Hotel Memiliki Website Sendiri

Keuntungan Hotel Memiliki Website Sendiri - Website Hotel sangat berperan penting terhadap tingkat kepercayaan calon tamu. Dengan memiliki website sendiri, hotel anda akan mendapatkan keuntungan, baik dari segi pemasaran, hingga layanan pelanggan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama jika hotel Anda memiliki website sendiri:



1. Meningkatkan Brand Awareness



Website hotel dapat dioptimalkan mesin pencari seperti Google dengan optimalisasi SEO ataupun Google Ads, sehingga membantu hotel muncul di hasil pencarian teratas ketika calon tamu mencari akomodasi di lokasi hotel Anda. Hal Ini tentunya dapat meningkatkan brand awareness hotel Anda.



2. Meningkatkan Reservasi Langsung



Dengan memiliki website hotel sendiri, hotel dapat menerima reservasi langsung tanpa perantara Online Travel Agent. Ini mengurangi ketergantungan pada Online Travel Agent (OTAs) dan mengurangi biaya komisi yang biasanya dibebankan oleh OTAs yang saat ini semakin tinggi persentase pertransaksinya. Dan untuk lebih mengoptimalkan pengalaman calon tamu, website hotel juga dapat ditambahkan dengan sistem booking engine yang terintegrasi dengan Payment Gateway, jadi calon tamu dapat melalukan booking langsung dengan pengalaman yang lebih mudah dan praktis.



3. Kontrol Penuh atas Informasi dan Konten



Dengan Anda memiliki website hotel sendiri, hotel dapat mengontrol penuh atas semua informasi yang akan ditampilkan di website. Hotel dapat memperbarui harga, penawaran khusus, deskripsi kamar, dan fasilitas dengan mudah. Jadi hotel Anda dapat memastikan bahwa informasi yang diberikan kepada calom tamu selalu up-to-date dan akurat.



4. Pengumpulan Data Pelanggan



Dengan sistem booking engine yang tersedia dalam website hotel Anda, hotel dapat mengumpulkan data pelanggan. Data pelanggan ini dapat digunakan untuk kampanye pemasaran yang lebih efektif dan penargetan yang lebih baik.



5. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas



Website hotel yang profesional dan informatif dapat membantu dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata calon tamu. Fitur seperti ulasan pelanggan, harga kamar, galeri foto berkualitas tinggi, dan informasi detail tentang fasilitas dapat meningkatkan kepercayaan tamu terhadap hotel Anda.



6. Kemudahan dalam Promosi dan Pemasaran



Website dapat digunakan sebagai media untuk promosi dan pemasaran, seperti iklan Google Ads, promosi di media sosial, dan email marketing. Hotel dapat dengan mudah membuat promosi khusus, paket liburan, dan penawaran lainnya melalui website hotel yang dimiliki.



7. Integrasi dengan Sistem Manajemen Hotel



Website hotel Anda dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen hotel (PMS), channel manager, dan sistem pembayaran online (payment gateway). Hal ini dapat mempermudah proses sistem di operasional hotel, dalam mengelola reservasi, inventaris kamar, dan pembayaran, sehingga meningkatkan efisiensi operasional.



Dengan berbagai keuntungan di atas, maka memiliki website sendiri merupakan investasi yang sangat berharga bagi hotel Anda. Website tidak hanya membantu meningkatkan pendapatan dan efisiensi operasional hotel, tetapi juga memperkuat hubungan dengan tamu hotel dan membangun brand awareness yang lebih kuat. Jika Anda sedang mencari layanan website hotel murah, maka HOTELMU bisa menjadi solusi tepat. HOTELMU menyediakan layanan website & booking engine hotel hanya 250 ribu perbulan saja. COBA GRATIS selama 14 hari sekarang juga ya, untuk mencoba fitur-fitur website, channel manager dan PMS yang ada di HOTELMU.