1. Berikan Pelayanan yang terbaik
Salah satu yang utama dalam hospitality ialah pelayanan. Jadi berikanlah pelayanan yang ramah, responsif, dan profesional mulai dari tamu datang / checkin, saat menginap sampai tamu checkout. Berikan pelatihan hospitality pada staff anda untuk berkomunikasi dengan sopan, ramah, mendengarkan dengan baik dan memberikan solusi terbaik kepada tamu. Jika anda membutuhkan jasa pelatihan hospitality, bisa menghubungi HOTELMU ya.
2. Sentuhan khusus dalam Kamar
Berikan sentuhan khusus di kamar tamu demi kenyamanan tamu seperti karangan bunga segar, kartu ucapan, atau makanan ringan sebagai bentuk penghargaan agar tamu tetap nyaman. Karena hal-hal kecil seperti ini bisa membuat tamu merasa spesial dan dihargai
3. Menjaga Keberihan dan Kualitas
Selalu jaga kebersihan kamar dan area hotel secara terus menerus. Pastikan furnitur dan peralatan di dalam ruangan dalam kondisi baik. Pilihan bantal atau seprai tambahan tersedia untuk kenyamanan Anda.
4. Menawarkan Aktivitas dan Hiburan
Menawarkan berbagai aktivitas dan hiburan di hotel, seperti kolam renang, gym, dan spa. Hal ini memungkinkan para tamu untuk bersantai dan menikmati waktu mereka di hotel.
5. Memberikan Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Lezat
Tawarkan makanan dan minuman berkualitas serta rekomendasi melalui restoran, bar, atau layanan kamar. Carilah berbagai hidangan di menu sesuai dengan preferensi pelanggan, termasuk vegetarian, makanan lokal, atau makanan diet khusus
6. Responsif Terhadap Keluhan
Menanggapi dengan cepat dan tepat ketika tamu memiliki masalah atau keluhan. Dengarkan tamu, temukan solusi yang memuaskan dan pastikan masalah diselesaikan dengan benar. Hal ini menunjukkan kepedulian Anda terhadap kepuasan tamu.
7. Memberikan Rekomendasi Destinasi Wisata Lokal
Bantu tamu menjelajahi dan menemukan atraksi lokal. Berikan informasi tentang atraksi, restoran, toko oleh-oleh atau acara khusus di sekitar hotel. Dengan memberikan tips tentang tempat menarik, Anda membantu tamu menciptakan pengalaman yang lebih bermakna selama mereka menginap.
8. Memberikan Kejutan dan Hadiah pada Tamu
Sesekali, berikanlah kejutan atau hadiah kecil kepada tamu sebagai ucapan terima kasih. Misalnya, kupon diskon untuk restoran hotel, upgrade kamar, atau produk lokal yang unik.
9. Meminta Ulasan dan Umpan Balik Tamu
Saat tamu meninggalkan hotel, minta mereka untuk memberikan ulasan dan komentar tentang pengalaman mereka. Ini dapat membantu Anda meningkatkan layanan dan memastikan kepuasan pelanggan di masa mendatang.
Dengan menerapkan tips-tips diatas, anda dapat menciptakan pengalaman baik untuk tamu yang tidak terlupakan. Penulis harap tips ini Bermanfaat.